09 November 2008

Memperoleh Ranking pada Search Engine

Website atau blog dengan interface yang menarik dan konten yang menarik belum tentu menjamin akan memperoleh rangking dalam penempatan di search engine. Apabila terdaftar pun, apalah artinya kalau hanya berada pada rangking 200 misalnya, lalu siapa yang akan menemukan website pada urutan 200 dengan tanpa membuka halaman hasil pencarian secara berulang-ulang karena rangking 200 itu paling tidak berada pada halaman 20 Google Search Engine.

Setiap search engine memiliki metoda dan algoritma masing-masing untuk menentukan rangking dari suatu website atau blog. Namun beberapa point yang akan saya jabarkan dibawah, pada umumnya dipakai sebagai tolak ukur oleh sebagian besar system search engine. Sudahkan Anda memaksimalkan penggunaanya?

  1. Keyword pada domain name, jika Anda memiliki website atau blog yang bertema tentang Money Maker misalnya, maka sebaiknya Anda menggunakan nama domain www.moneymaker.com atau www.bikinduit.com.

  2. Keyword pada nama file, untuk jenis website atau blog tadi, akan sangat membantu jika penamaan file html diberi nama dengan money.html misalnya atau boleh duitgue.html.

  3. Keyword pada page title, tag <title> pada halaman HTML sangat penting untuk di optimalkan. Usahakan agar title yang digunakan mengandung keyword yang relevan dengan isi halaman web.

  4. Keyword pada headline, bagi yang terbiasa dengan mengedit HTML tentu pernah bertemu dengan tag <h1>, <h2> dst. Tag headline sangat baik dipakai untuk judul sebuah paragraph, misalnya <h2>Cara Cepat Cari Cicis<h2>, karena headline sangatlah diperhitungkan oleh search engine.

  5. Gunakan keyword yang relevan pada meta tag, janganlah menggunakan keyword yang sama sekali tidak ada hubungannya dengan isi halaman web Anda. Hal ini bias diditeksi search engine dan dianggap sebagai spamming.

  6. Keyword pada page content, keyword yang diharapkan harus terdapat pada isi halaman web. Gunakan juga frase atau kata-kata lain yang berhubungan dengan keyword utama.

  7. Meta tags, adalah tag-tag HTML khusus yang digunakan untuk menggambarkan keseluruhan dari isi web.

  8. Link Popularity, adalah jumlah halaman web lain yang memasang link ke web site Anda. Beberapa search engine utama sangat memperhatikan hal ini. Semakin besar link popularity suatu web site, rangkingnya akan semakin tinggi.

Sumber: Memperoleh Ranking pada Search Engine

0 komentar:

  © Blogger template The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP